Minggu, 30 Desember 2012

keberhasilan dan kegagalan bergantung pada "ikhtiar" kita

Di dunia ini semua di ciptaka berpasang-pasangan. Ada laki-laki ada perempuan, ada langit berpasangan dengan bumi, ada susah dan ada senang, ada juga kaya berpasangan dengan miskin. dansadarlah wahai manusia bahwa harta kita hanyalah titipan TUHAN. Mustahil kamu mendapatkan kekayaan bila TUHANmu tidak menghendakinya, mustahil bisnismu berkembang pesat jika tidak ada campur tangan dari TUHAN. Ini seharusnya sudah dimengerti oleh semua insan. bahwa keberhasilan yang kita capai bukan semata-mata hasil dari kerja keras yang kita lakukan, melainkan TUHAN melihat kerja keras kita dan doa yang sealu kita panjatkan sehingga TUHAN memberikan hadiah dari usaha yang kita lakukan.

Di dalam islam ada yang namanya "ikhiar". jika kita cerna, ikhtiar adalah berusaha sekuat tenaga demi mencapai hal yang kita inginkan dan berdo'a memohon kepada TUHAN agar usaha yang kita lakukan dapat tercapai serta menyerahkan seluruhnya, baik keberhasilan atau kagagalan usaha kita kepadaNYA.
Dengan demikian kita tidak menjadi sombong ketika usaha yang kita lakukan sukses, dan tidak menjadi putus asa (frustasi) ketika usaha kita gagal. karena kita mengerti jika usaha kita berhasil berarti tuhan menghendaki berhasil dan begitu pula sebaliknya. banyak hal positif yang dapat kita peroleh dari hal tersebut. salah satunya kita dapat menjadi dekat dengan TUHAN.....

0 komentar:

Posting Komentar